yup, gue baru aja balik dari tanah suci. abis umrah.
biasanya, dari jaman dulu, setiap ada orang nanya ke gue "kenapa lo gak ikut keluarga lo umrah?", gue cuma akan menjawab "belom dipanggil mungkin".

well, kita gak tau sih kriteria yang merupakan 'dipanggil' oleh Allah itu yang kayak gimana, apakah itu usia, kemampuan fisik, maupun finansial. mungkin, dari beberapa aspek, orang akan menilai gue seharusnya sih bisa ke tanah suci. secara fisik dan finansial gue seharusnya cukup (iyalah... orang dibayarin sama bokap nyokap).

lanjut, gue bersyukur banget akhirnya bokap nyokap gue bisa dapet timing yang pas sama waktu liburan semester gue buat umrah. hal lain yang bikin gue seneng sebenernya kematangan gue secara usia. mungkin, kalau dulu gue umrah, katakanlah saat gue baru lulus SMA, kesenangan dan kehausan gue akan ilmu, terlebih mengenai islam, gak bakalan sebesar sekarang. dulu, gue cuma sekedar jadi blind follower. apa yang dibilang orang tua gue, apa yang gue serap dari ustadz di TV/radio, dan apa yang dibilang guru sekolah gue, itulah yang bener. gue masih senaif itu dulu. well, not to mention sekarang gue gak gitu sih. cuma, yaaa you can say much better lah sekarang. gue masih ada eager yang lebih besar buat cari tau segala sesuatu terutama tentang islam dari beberapa point of view, biar gue bisa menyimpulkan sendiri. cuma sayang, gue belum cukup ilmu untuk sharing akan hal itu ke orang lain. hehehe.

terlalu banyak hal ajaib yang bener-bener gue rasain di tanah haram (suci) selama trip gue kemarin.

oh iya, btw, for those who hasn't know, especially indonesian yah,
berdasarkan informasi yang gue dapat, jadi gini. ketika nanti kalian ke tanah suci, terus menemukan tulisan al-haram (الحرم ) jangan salah translate yak. itu artinya suci.

sementara kalo haram yang lawannya halal, atau dengan kata lain haram yang berlainan sama kehendak Allah itu tulisannya حرام .

kalo di translate jadi gini:
حرم  (HARAM)   = Suci
حرام (HARAAM)= lawannya Halal

ada bedanya kan? ada alif nya setelah huruf ra.
gitu. jadi jangan salah paham yak. hahaha seenggaknya, itu sih yang gue pikirin ketika pertama sampe ke tanah suci.

proceed.
terus, tujuan gue nulis di blog gue sekarang gitu doang? hahahaha enggaklah.
sebenernya ini cuma distraksi aja, gue gamau 'kalah' dari diri gue sendiri lagi. gue mencoba cari alternatif, akhirnya gue nemuin, yaitu nulis. ngerti? gak ngerti? bagus deh. hahahaha

hmmm.. cerita apa lagi yak?
kalo cerita galau-galau an gitu... somehow malu euy sama umur..... gimana yak. kayak udah bukan usianya lagi kayaknya sharing galau di internet. mau cerita tentang hal lain juga malesh euy. hahahaha nyusahin ni emang.

seenggaknya, gue yakin akan satu hal sekarang,
apapun dengan do'a dan usaha itu pasti berbuah hasil. kalau hasilnya gak sesuai ekspektasi lo, berarti ada 2 kemungkinan, antara usaha atau doanya kurang, atau Allah lagi nyiapin yang lebih baik. dan InshaAllah kita semua selalu dalam jalan yang di Ridhoi Allah.

adeh jadi sok alim gini. geuleuh yak. hahahaha

0 comments:

Popular Posts